Sabtu, 27 Oktober 2012

Resensi Buku: Refrain (Saat Cinta Selalu Pulang)

Baru-baru ini saya diberi tugas oleh guru Bahasa Indonesia saya, Pak Ignatius Nugroho untuk meresensi buku sastra. Dan buku yang saya pilih adalah novel Refrain oleh Winna Efendi. Buku ini menurut saya adalah buku yang seru yang penuh dengan hal-hal yang mengharukan, menyenangkan dan menyedihkan dalam persahabatan. Berikut ini adalah resensi buku yang telah saya buat: 

Resensi Novel
Judul Novel: Refrain (Saat Cinta Selalu pulang)
1.     Unsur Ekstrinsik Pengarang
1.1   Nama Pengarang: Winna Efendi
1.2  Riwayat Hidup:
Winna Efendi adalah seorang Capricorn kelahiran Jakarta, 6 Januari, 1998. Winna adalah seorang gadis yang memiliki passion membaca dan menulis. Dan ia telah menulis banyak buku dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Buku-bukunya kebanyakan adalah buku tentang percintaan. Winna mengaku ia menulis buku-buku tentang percintaan karna merasa memiliki passion pada bidang itu.
Winna telah mendapatkan beberapa penghargaan dari buku-bukunya antara lain, kandidat Long List Khatulistiwa Literary Award 2009 untuk novel Ai kategori Penulis Muda Berbakat, kandidat Long List Anugerah Pembaca Indonesia 2009 untuk Refrain, 2012 untuk Unforgettable dan Truth or Dare kategori Fiksi Favorit.
Sekarang Winna aktif sebagai kontributor komunitas fashion online, sekaligus bekerja full-time di bidang keuangan. Winna yang sekarang tinggal di Singapur sangat menyukai membaca buku sambil mendengarkan radio dan meminum teh.

2.     Unsur Ekstrinsik Buku
2.1 Ukuran Buku               : 13 cm x 19 cm
2.2 Jenis Kertas                 : CD Import (Coklat)
2.3 Jumlah Halaman        : 318 halaman
2.4 Penerbit                       : Gagas Media
2.5 Kota Terbit                  :  Jl. H. Montong No.57, Ciganjur-Jagakarsa, Jakarta Selatan.
2.6 Tahun Terbit               : 2009
2.7 Cetakan                       : Cetakan ketiga belas, 2012
2.8 Harga Novel                : Rp. 46.000,-

3.     Sinopsis
Nata dan Niki adalah dua orang sahabat yang selalu bersama-sama sejak kecil menatap bintang di atas trampolin yang menjadi rutinitasnya. Setiap Niki bertanya tentang siapa yang akan lebih dulu jatuh cinta di antara mereka berdua, Nata selalu menjawab “kamu” kepada Niki. Suatu hari di sekolah, Niki dan Nata mempunyai sahabat yang bernama Annalise (Anna) pindahan dari New York. Anna merupakan anak tunggal dari model terkenal Vidia Rossa. Anna merupakan anak broken home yang kekurangan kasih sayang mamanya yang selalu sibuk mengurusi pekerjaannya sebagai designer dan model di luar negeri. Kemudian Niki mengajak Anna berteman dan Niki, Nata, Anna menjadi sahabat erat. Ternyata diam-diam Anna menaruh rasa sayang kepada Nata. Di sisi lain Nata pun merasakan ada yang berubah dari diri seorang Niki yang kemudian membuat jantungnya berdegup lebih kencang ketika bersama Niki. Anna kemudian mengetahui bahwa Nata menyukai Niki dan bertanya kepada Nata. Awalnya Nata tidak peduli, tetapi akhirnya ia meminta saran kepada Anna tetntang perasaannya.
Suatu hari Niki diajak berkenalan oleh kapten basket dari lawan SMA nya. Oliver anak terkenal dari SMA Pelita. Niki pun menjadi gugup ketika suatu hari Oliver mengajaknya jalan-jalan dan menyatakan rasa cintanya pada Niki. Seketika itu Niki merasa betapa senangnya mempunyai pacar dan betapa indahnya jatuh cinta. Niki pun langsung menceritakan kepada Nata dan Anna. Nata terkejut dan mengatakan bahwa Oliver tidak pantas menjadi pacar Niki. Nata berkata dalam hatinya bahwa sebenarnya dia yang lebih dulu jatuh cinta daripada Niki.
Anna mengajak Nata dan Niki ke rumahnya untuk memilih koleksi-koleksi fotonya untuk dilombakan. Niki menemukan kumpulan foto-foto Nata dalam sebuah kotak sepatu yang secara diam-diam disimpan oleh Anna. Nata kemudian memberanikan diri bertanya tentang foto-foto itu. Anna pun mengatakan bahwa dia sayang kepada Nata. Anna lalu cepat mengatakan bahwa tidak perlu ada jawaban dari Nata karena ia sudah tahu jawabannya. Nata menjadi lega dan berkata bahwa ini baru pertama kalinya ada cewek yang menyatakan langsung perasaaannya kepadanya.
Suatu hari Niki masuk ke kamar Nata dan secara tidak sengaja membaca lagu-lagu ciptaan Nata. Mata tertuju pada sebuah buku yang kemudian isinya membuat Niki lemas ketika ia membaca tulisan di dalamnya yang ternyata adalahtentang perasaan Nata kepadanya. Nata memergokinya dan Niki langsung bergerak untuk meninggalkan ruang itu, tetapi ditahan oleh Nata yang meraih tangannya dan berkata dalam suara rendah, “gue sayang lo, Nik”. Niki tidak menjawab dan langsung berlari pergi kerumahnya. Saat itu Nata merasa dia sudah kehilangan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Persahabatan Nata dan Niki pun menjadi renggang.
Suatu ketika sepulang sekolah Nata berusaha mendekati Niki, ingin mengatakan sesuatu tentang perasaannya dan Nata juga mengatakan bahwa ia tidak ingin merusak persabatannya apalagi hubungan Niki dengan Oliver. Nata hanya ingin Niki tidak menjauh darinya. Niki akhirnya berani berkata bahwa dia tetap menganggap Nata sebagai sahabatnya, tidak lebih dan kemudian meminta maaf kalau ia tidak menerima perasaan Nata. Terkadang Niki merasa rindu untuk berkumupul kepada Anna dan Nata. Ia hanya bisa mengintip dari rumahnya ketika Nata bercanda ria bersama Anna di trampolin. Tempat khusus dirinya bersama Nata.
SMA Pelita akan mengadakan pesta perpisahan, dan Niki akan datang menjadi pasangan Oliver. Namun, Niki terkejut dan marah ketika melihat Oliver berpasangan dengan Helena. Helena sudah merencanakan semua itu karena ia iri kepada Niki. Helena berhasil menipu Oliver dengan mengatakan bahwa ia akan mempertemukannya dengan Shasa. Oliver tega melakukan semua itu karena sangat mencintai Shasa.
Niki terkaget ketika Nata tiba-tiba menjemputnya danmengajaknya pulang dari tempat pesta itu ketika ia sedang menangis. Sahabatnya datang menyelamatkannya. Nata datang tanpa sepengetahuan Niki dan telah diberitahu oleh Oliver bahwa ia harus menjemput Niki. Oliver sebenarnya tidak tega melakukan itu. Akhirnya Nata dan Niki memutuskan untuk mengobrol di trampolin semalaman. Mereka berdua kembali berbaikan.
Kelulusan akan segera tiba. Annalise memutuskan untuk kuliah, sementara Niki masih bingung. Nata tidak sanggup meninggalkan Niki, padahal ia sudah diterima sekolah musik impiannya di luar negeri. Danny tahu apa yang terjadi pada adiknya. Ia pun menasehati agar Nata mau sekolah dan tidak perlu khawatir terhadap Niki. Malamnya, Nata dan Niki memutuskan untuk menghabiskan malam di atas trampolin sambil mengingat masa-masa kecilnya dulu hingga mereka berdua tertidur di atas trampolin itu. Setelah terbangun , mereka memperhatikan dua planet bersinar pagi itu, berdekatan seperti dua sahabat. Akhirnya perpisahan itu terjadi, Nata akan pergi untuk waktu yang lama.  Nata mengecup kening Niki dengan lembut, membekaskan seluruh rasa cintanya pada gadis itu.  Mereka berdua menangis dan Nata berkata dalam hati “Gue akan segera pulang dan,saat itu,gue gak akan melepaskan lo lagi”.
Setelah hampir lima tahun Nata dan Niki berpisah. Sampai suatu hari Nata pulang dan memutuskan untuk mampir ke sekolah lamanya.  Teriakan seorang guru perempuan membuat Nata ingin mencari asal suara itu. Hati Nata berdegup, terpaku dan tidak mampu bergerak ketika menemukan asal suara itu. Mereka pun saling berpandangan. Ingin berteriak senang namun hanya seruan kecil yang keluar. Mereka pun kemudian menjadi sahabat yang tidak akan pernah terpisah selamanya.
4.     Unsur Intrinsik Buku
4.1 Tema:
Persahabatan yang diperjuangkan agar tidak hancur karna percintaan.
4.2 Penokohan:
Niki adalah seorang gadis berumur 17 tahun yang sangat ceria, friendly dan easygoing. Niki adalah kakak satu-satunya dari Klaudia dan sahabat sekaligus tetangga Nata dari kecil. Niki sangat kagum dan mencintai cheerleading sejak pertama kali masuk SMA. Dengan segala macam usahanya dan dengan dibantu sang ketua, Helena, Niki pun berhasil menjadi anggota dan menjadi salah satu anggota favorit. Niki tidak pernah ingin kehilangan dan jauh dari sahabatnya, Nata dan Anna. Terkadang Niki kesal jika melihat Nata bersama perempuan lain di trampolin, tempat favoritnya dan Nata.
Nata adalah sahabat paling dekat dan kesayangan Niki dari kecil. Nata orangnya terlihat sangat cuek dan tegas kepada orang padahal di sisi lain dia sangat peduli dan halus kepada Niki. Nata mempunyai talenta bermain musik tetapi tidak ada seorang pun yang tahu kecuali Niki, Anna dan kakaknya, Danny. Karna Nata enggan untuk memperlihatkan kebolehannya bermain musik karna ia demam panggung. Nata selalu berusaha untuk tidak pernah menyakiti Niki maupun Anna.
Anna (Annalise) adalah sahabat baru Niki dan Nata yang adalah pindahan dari New York. Anna merupakan anak tunggal dari model terkenal Vidia Rossa. Anna merupakan anak broken home yang kekurangan kasih sayang mamanya yang selalu sibuk mengurusi pekerjaannya sebagai designer dan model di luar negeri. Anna pun mulai merasakan warna kehidupan ketika ia mulai bertemu Niki dan Nata. Anna adalah gadis cantik yang tidak menyukai pesta yang sangat berbakat dalam fotografi.
Oliver adalah cinta pertama Niki yang adalah kapten basket SMA Pelita. Oliver adalah laki-laki yang sangat ‘perfect’ yang merupakan dambaan semua perempuan. Oliver selalu merasa senang ketika sedang menghabiskan waktu dengan keceriaan Niki. Oliver tidak pernah tega untuk melukai Niki. Tetapi ia pun melukai Niki karna terjebak pada jebakan Helena.
Helena adalah ketua dari cheerleading SMU harapan yang sangat cantik. Helena adalah gadis yang licik yang tidak ingin posisinya digeser oleh siapapun. Ia rela melakukan apapun untuk mempertahankan posisinya. Dia pun menjebak Oliver agar Niki terluka. Karna Niki hampir pernah diangkat menjadi ketua.
Klaudia adalah adik perempuan Niki yang berumur 15tahun yang selalu menjadi tempat curhat Niki. Walaupun Klaudia lebih muda dari Niki tetapi ia lebih sabar dan selalu memberi saran yang tepat sasaran.
Danny adalah kakak laki-laki Nata yang rupanya sangat mirip dengan Nata. Danny menganggap bahwa Niki adalah adiknya. Danny tidak pernah ingin berhubungan dengan perempuan ketika telah dicampakkan oleh Mirriam, masa lalunya.
               4.3 Alur: Alur maju
               4.4 Setting (Latar):
                              - Latar waktu: tengah malam, saat kelulusan, saat matahari terbit, siang hari.
                              - Latar tempat: kamar, di dalam mobil, rumah, kelas, sekolah, di atas trampolin.
                              - Latar suasana: menyenangkan, mengharukan, menyedihkan, romatis.
               4.5 Sudut Pandang:
Sudut pandang penulis adalah sudut pandang orang ketiga yang serbatahu dan orang ketika sebagai pengamat. Karna penulis menggunakan kata “dia” bukan “aku”.
               4.7 Amanat:
Amanat yang terdapat pada novel Refrain ini adalah kita tidak boleh egois dalam persahabatan. Kita juga harus memikirkan perasaan sahabat-sahabat kita. Dari novel ini kita belajar untuk mencintai sahabat kita dengan tulus dan apa adanya. Selalu berusaha ada untuknya disaat ia membutuhkan dan selalu bersedia memaafkan jika sahabat kita mengaku salah.

5.     Kesimpulan:
RefrainRefrainRefrain, Saat Cinta Selalu Pulang dari judulnya sudah menunjukan karakter dari sebuah percintaan. Dari novel ini diceritakan tentang 3 sahabat, Niki, Nata dan Anna yang diam-diam mempunyai perasaan satu sama lain tetapi tidak ingin mengungkapkannya karna takut menyakitkan satu dengan lainnya. Dari novel ini saya mengambil kesimpulan bahwa persahabatan yang sejati adalah persahabatan yang selalu tulus dan memaafkan. Persahabatan yang tidak pernah lekang oleh waktu dan tidak penuh kemunafikan dan keegoisan.
“Tidak ada persahabatan yg sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya.” Kata-kata dalam novel ini memberi arti bahwa kita tidak bisa mengharapkan persahabatan yang sempurna dalam persahabatan kita. Tetapi kembali kepada kita, apakah kita akan berusaha untuk mempertahankan persahabatan itu? Apakah kita mau berusaha untuk membuat persahabatan itu terlihat selalu seru dan segar? Dan bersediakah kita untuk menjadi orang yang selalu ada disaat susah maupun senang untuk sahabat kita? Sekiranya kita menjawab “Ya.” untuk semua pertanyaan itu jika kita menginginkan persahabatan yang indah yang tidak akan lekang oleh waktu.

1 komentar: